Senin, 27 Oktober 2008

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Cerita terjadi Pulau Belitong .Yaitu,pulau terkaya di Indonesia pada saat itu karena eksploitasi timahnya.Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah, sekolah yang di bangun dengan kesabaran dan keikhlasan seorang kepala sekolah, yaitu Pak Harfan dan guru yang penyabar, yaitu Ibu Muslimah atau Bu Mus, terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak .

Baru 9 siswa yang datang,yaitu,Ikal,Mahar,Lintang,Kucai,Syahdan,Borek

A Kiong,Trapani,dan Sahara. Pak Harfan dan Bu Mus hampir putus asa dan Pak Harfan pun telah menyiapkan naskah pidato penutupan sekolah itu. Tiba – tiba seorang ibu datang untuk mendaftarkan anaknya yang mengalami keterbelakangan mental,karena sekolah luar biasa hanya ada di bangka dan mereka tidak memiliki biaya untuk ke sana,anak yang menyelamatkan sekolah Muhammadiyah itu bernama Harun. Akhirnya sekolah itu pun tidak jadi ditutup.

Kegiatan belajar mengajar mereka dilakukan di sekolah yang sangat memprihatinkan. Misalnya, ruang kelas yang beralaskan tanah,beratap bolong-bolong sehingga bocor saat hujan, papan tulis yang berlubang sehingga terpaksa ditambal dengan poster Rhoma Irama, dan saat malam hari dipakai untuk menyimpan ternak. Dan begitu juga dengan kesepuluh anak Laskar Pelangi,yaitu nama yang diberikan oleh Bu Mus karena kesenangan mereka terhadap pelangi.keadaan mereka juga memprihatinkan,bersekolah tanpa alas kaki,tidak memakai seragam,dan perjuangan lintang seorang anak pesisir yang jenius yang menempuh perjalanan 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah demi mendapatkan ilmu.

Suka duka mereka dimulai dari, penempatan tempat duduk yang diatur oleh Bu Mus, perkenalan mereka pada hari pertama bersekolah,Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek yang dijuluki Samson karena badannya yang besar, pemilihan ketua kelas yang di menangkan oleh Kucai, pengalaman cinta pertama ikal,kemenangan SD muhammadiyah mengalahkan juara bertahan,yaitu sekolah PN Timah(Perusahaan Negara Timah) pada lomba karnaval 17 Agustus yang dipimpin oleh Mahar dan lomba cerdas cermat yang dipimpin oleh lintang.

Pada suatu hari, anak dari orang kaya yang bersekolah di sekolah PN, pergi dari rumahnya. Ayahnya mengerahkan seluruh upaya untuk mencarinya.Setelah anaknya di temukan,ayahnya berjanji akan menuruti semua kemauan anaknya,dan kemauan anaknya adalah pindah ke sekolah Muhammadiyah.Anak itu brnama Flo,dan ia hanya ingin duduk di sebelah Mahar,dan keputusannya tidak dapat di ganggu gugat.Dengan demikian anggota Laskar Pelangi bertambah satu menjadi 11 anak.

Dan kejadian yang paling menyedihkan yang dialami oleh anggota laskar pelangi ketika mereka kehilangan dua orang yang mereka sayangi,yaitu,Pak Harfan yang meninggal dunia dan Lintang, siswa paling jenius anggota Laskar Pelangi,harus berhenti sekolah karena ayahnya telah meninggal dunia dan iya harus menghidupi keluarganya,karena iya anak laki-laki tertua.

Dilanjutkan 12 tahun kemudian,saat Ikal kembali ke kampungnya dari sekolahnya yang mendapat bea siswa di University de Paris,Sorbonne,untuk menyaksikan peluncuran buku oleh Mahar.

Walaupun pada awal tahun 90-an,sekolah Muhammadiyah itu akhirnya harus ditutup karena tidak dapat mebiayai sekolah itu sendiri.Tetapi,sekolah itu telah menghasilkan murid-murid yang sukses.

Tokoh dan Wataknya :

Ibu Muslimah : Baik hati dan Penyabar, Karena ia dengan tulus mendidik anak –anak Laskar Pelangi dengan hanya gaji beberapa kilo beras dan sangat sabar dalam menghadapi dan mendidik anak-anak Laskar Pelangi.

Pak Harfan : Baik hati dan Penyabar , karena ia tulus mengurus dan membangun sekolah Muhammadiyah dengan sabar hingga akhir hidupnya.

Ikal : Baik hati,karena suka membantu temannya.

Mahar : Pantang menyerah,karena walaupun ia telah di pojokan oleh teman-temannya karena kesenangannya pada sesuatu yang ghoib (okultisme),ia telah membuktikan bahwa ia dapat memenangkan lomba karnaval 17 Agustus.

Lintang : Pantang menyerah,karena ia rela menempuh jarak 80 km pulang pergi demi mendapatkan ilmu.

Kucai : Keras kepala, karena ia memprotes keras keputusan yang menyatakan kalau ia menjadi ketua kelas.

Syahdan : baik hati dan ceria ,karena selalu membantu temannya dan selalu senang

A Kiong : Baik hati,karena selalu membantu temannya yang lain.

Borek : baik hati dan konyol,karena suka menolong da konyol karena,(halaman 79-81)

Harun : Jenaka, karena ia memiliki keterbelakangan mental,perilakunya menjadi jenaka.

Trapani : Baik hati dan manja, karena ia suka membantu temannya dan manja karena ia terlalu tergantung dengan ibunya.

Sahara : Ramah dan baik hati ,karena ia sangat lembut pada semua orang dan suka menolong temannya.

Flo : Keras kepala dan baik hati ,karena,ia bersikeras ingin duduk di sebelah Mahar dan tidak dapat di ganggu gugat dan karena ia telah membantu dengan memberikan peralatan sekolah kepada sekolah Muhammadiyah.

Tokoh Yang Paling Disukai :

Lintang , karena ia memiliki semangat yang sangat tinggi untuk bersekolah.Telah dibuktikan olehnya dengan cara menempuh perjalanan 80 km pulang pergi dengan mengayuh sepeda dari rumahnya ke sekolah untuk belajar dan mendapatkan ilmu dan juga kemampuannya yang sangat pandai,yang mampu mengalahkan sekolah-sekolah lain dalam lomba cerdas cermat.Dan walaupun iya telah putus sekolah,iya tidak putus asa dan menggantikan ayahnya mencari nafkah untuk keluarganya.

Jika saya menjadi tokoh Lintang,saya akan tetap meneruskan sekolah sampai akhir.Jika keadaan tidak memungkinkan,saya akan meneruskan sekolah setidaknya sampai lulus SMP atau saya akan sekolah sampai bekeja,karena saya tidak mau kerja keras,hasil,dan ilmu yang sudah saya terima sebelumnya sia-sia.Dan saya ingin mewujudkan cita – cita saya menjadi ahli Matematika dan meneruskan sekolah ke luar negri.Dan kalau saya mencari nafkah untuk keluarga saya,saya akan mencari pekerjaan yang hasilnya lebih banyak untuk menafkahi keluarga.Dengan mengandalkan kepandaian dan kecerdasan yang dimiliki oleh tokoh Lintang.

Kesan dan Pesan :

Novel Laskar Pelangi sangat bagus dan mendidik.Novel ini juga dapat memberikan motivasi dan semangat yang sangat besar kepada pembacanya.Cerita Laskar Pelangi sangat inspiratif.Cerita ini mengingatkan kita bahwa betapa pentingnya pendidikan.Dan sebaiknya pelajar-pelajar Indonesia atau siapapun mengikuti sikap dan sifat positif yang dimiliki oleh anggota Laskar Pelangi ini.

Tidak ada komentar: